RoryHidayat">http://www.dreambingo.co.uk/RoryHidayat">

Rory Hidayat

Rory Hidayat
yang punya blog ni...yang Nulis...

Pengikut

Selasa, 20 Desember 2011

plate tectonics is disaster. ? PLATE TECTONICS IS ALSO A GOOD LUCK !


Masyarakat kita, menerima plate tectonics hanya sebagai penjelasan atas gempa, tsunami, dan erupsi gunungapi. Memang memuaskan, sebab plate tectonics pun lahir oleh penelitian-penelitian di bidang kegempaan (paper-paper tiga serangkai Lynn, Oliver,  and Sykes, 1960an) dan juga volkanisme (paper-paper dari Hatherton, Dickinson, Gilluly tahun 1960-an). Hanya, bisa saja masyarakat kita, yang hanya menerimaplate tectonics sebagai penjelasan atas bencana-bencana gempa, tsunami, dan erupsi gunungapi, berpendapat : PLATE TECTONICS IS DISASTER. Sial benar posisi Indonesia duduk di tepi-tepi lempeng yang saling bertubrukan. Itu saja.
Padahal, plate tectonics membawa sumberdaya energi dan mineral. Tetapi, ini tak pernah diulas di media. Maka, tugas kitalah saat melakukan sosialisasi bencana gempa ke masyrakat, katakanlah kepada mereka bahwa plate tectonics pun membawa berkah bagi Indonesia.
Magmatic arc di sepanjang Sumatra-Jawa-Nusa Tenggara kaya disseminated (poryphyry) copper dalam tubuh-tubuh intrusifnya, vein depositnya kaya akan timbal, emas, perak, molybdenum, seng, timah, dan tungsten. Ofiolit di bekas-bekas jalur subduksi atau obduksi seperti di Sulawesi dan Halmahera kaya akan nikel dan kromium. Emas, polymetallic suphide, platinum, perak benar-benar tersebar mengikuti tepi lempeng. Pak Sukmandaru tentu bisa bercerita banyak soal ini. Lalu, gejala volkanisme dari Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Utara membawa energi geotermal. Dan, plate tectonics juga yang bertanggung jawab atas kekayaan minyak dan gasbumi, serta batubara di cekungan-cekungan sedimen di Indonesia Barat maupun Indonesia Timur. Kalau tak ada pergerakan lempeng di timur Sulawesi, niscaya wilayah ini tak mempunyai minyak dan gas.
Dan, hanya plate tectonics yang menyebabkan diversitas fauna dan flora di Indonesia begitu memukau. Indonesia : where two worlds collideWallace dan Weber lines adalah buktinya. Dan, plate tectonics juga yang membuat Indonesia penting dalam dunia paleo-antropologi dari penemuan Homo erectus sampai ke Homo floresiansis.
Sejauh pengamatan saya, dampak plate tectonics membuat Indonesia kaya sumberdaya mineral dan energi tak pernah dikemukakan media. Benar-benar tertutup oleh berita-berita bahwa plate tectonics adalah pembawa bencana.
Tentu, sebagai orang yang tahu plate tectonics secara utuh, kita tak ingin kan masyarakat Indonesia hanya tahu : plate tectonics is disaster.  ? PLATE TECTONICS IS ALSO A GOOD LUCK !

Tidak ada komentar: